1 Desember 2017

Meneladani Nabi Muhammad SAW

Tanggal 12 Rabiul Awal diperingati sebagai hari kelahiran Rasulullah Muhammad SAW yang merupakan Rasul terakhir yang diutus Allah SWT kepada manusia. Nabi Muhammad SAW lahir di kota Mekah pada hari Senin tanggal 12 Rabiul Awal tahun 570 Masehi di tahun Gajah. Tahun Gajah merupakan tahun kegagalan tentara bergajah raja Abrahah menyerang Mekah. Akan tetapi serangan tentara bergajah itu gagal karena Allah SWT mengirim tentara burung ababil yang menyerang tentara Abrahah dengan batu panas. Sehingga terhindar Ka'bah dari serangan tentara bergajah raja Abrahah. Rasulullah lahir di suku Quraisy dengan ayah bernama Abdullah dan ibu bernama Aminah. Rasulullah sejak kecil dikenal sebagai anak cerdas, jujur dan pekerja keras maka dia diberi gelar Al-Amin  yang artinya dapat dipercaya.

Ada beberapa sifat Rasulullah Muhammad SAW yang dapat kita teladani antara lain:

1. Sifat jujur
2. Sederhana
3. Rendah hati
4. Berani
5. Tawadhu

Dari meneladani sifat Rasulullah maka perlunya memperingati Maulid nabi Muhammad SAW . Maulid berasal dari bahasa Arab yang berarti kelahiran. Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW berarti memperingati hari kelahiran nabi Muhammad SAW  setiap tanggal 12 Rabiul Awal setiap tahunnya. Hikmahnya kita meneladani sifat mulia Rasulullah .

Hikmah dari Maulid adalah meneladani sifat terpuji Rasulullah SAW . Dengan meneladani sifat Rasulullah kita mengikuti sunah yang diucapkan, dilakukan oleh Rasulullah. Sehingga kita dapat menjalankannya sunah dalam kehidupan sehari-hari.  Karena hanya yang mengikuti sunah yang amalnya diterima di sisiNya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . FATAMORGANA - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger