22 Oktober 2017

Tips Jitu Agar Jambu Madu Tetap Berbuah



Untuk daerah kota Medan dan sekitarnya menanam jambu madu merupakan hobi yang mengasyikkan. Karena jambu madu ini tanaman yang gampang-gampang susah dipelihara. Ada rasa bangga yang tersemat ketika si pohon jambu tumbuh , berkembang lalu berbuah.


Jambu madu termasuk tanaman unik karena ia mampu berbuah ketika ditanam di pot. Sesuai pengalaman yang saya alami jambu madu ini saat penanaman memerlukan media  antara lain:
- tanah
- pupuk kandang
- dedak padi
- air
- pupuk NPK


Ketiga media ini di campur merata perbandingannya 3:1:1, dedak padi berfungsi agar tanah tidak padat. Jambu madu memerlukan media yang tidak padat atau gembur. Hindari  tanah yang berlumpur untuk menanam jambu madu karena media tanam berlumpur akan padat yang kurang baik untuk pertumbuhan akar pohon jambu. Jambu madu memerlukan banyak air, siramlah jambu madu dengan banyak air pada pagi dan sore hari terlebih ketika jambu berbunga dan berbuah karena jika kekurangan air buah jambu akan rontok.


Cara kerja:
Siapkan pot berisi media diatas kemudian masukan pohon jambu dengan hati-hati agar akarnya tidak rusak. Kemudian siramlah dengan banyak air setiap pagi dan sore. Kemudian beri pupuk NPK sebanyak 1 sendok makan setiap 2 minggu. Kemudian pangkas tunas baru secara teratur bisa 1 minggu atau 2 minggu sekali. Jika ada 5 atau lebih tunas sisakan 1 atau 2 tunas utama gunanya untuk mengurangi konsumsi nutrisi pohon jambu.  Pohon jambu akan berbuah mulai berbuah mulai 6 bulan sampai 2 tahun tergantung dengan usia bibit saat ditanam dan nutrisi yang diberikan. Jambu madu memerlukan sinar matahari yang banyak jangan ditanam di bawah teduhan pohon atau teras rumah. Ketika jambu berbunga jangan lupa membungkusnya. Bunga jambu mulai dibungkus saat bunga sari telah mekar semua. Tujuannya agar terlindungi dari gigitan serangga tetapi jangan lupa dilobangi dibagian bawah plastik kalau hujan agar airnya kering dibungkusan plastik.


Setelah ditanam 1 tahun atau lebih tanah pada pot perlu digemburkan dengan coker /cangkul agar tanah tetap gembur. Dilakukan teratur setiap satu bulan agar tanah tetap gembur.


Demikian Tips Jitu Agar Jambu Madu Tetap Berbuah dan pengalaman saya bertanam jambu madu di pot semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . FATAMORGANA - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger