6 Maret 2016

Mirisnya Kasus Ina Si Nononk

Akhir-akhir ini heboh ada kasus foto tak senonoh di internet. Yang buat lebih heboh karena ini anak siswi SD foto syur dengan pacarnya di media sosial FB. Bayangkan siswi SD sudah sanggup berbuat demikian , bagaimana siswi SMP, SMA atau mahasiswa? Yang lebih miris cara nih anak mengomentari komentar citizen di jawab dengan munafik yang sebenarnya mencerminkan jawaban yang memperihatinkan.

Kak Seto menanggapi kasus ini sebagai keprihatinan. Tetapi mengapa ini bisa terjadi? Saat ini memang telah terjadi pergeseran moral dan etika di tengah masyarakat. Parahnya lagi tidak diimbangi dengan pendidikan moral dan pengawasan orang tua dan masyarakat yang buruk. Pergaulan bebas dan penurunan nilai-nilai dimasyarakat semakin terasa. Anak hidup seperti di belantara liar dan buas yang siap menerkam.

Lihatlah sekarang pelajaran sekolah minim pelajaran agama dan etika. Sementara serbuan internet dengan segala akibatnya memerlukan filter dari si anak. Apa saja gampang dicari di internet
Si anak yang rasa ingin tahunya besar tentu akan mencari apa saja demi memuaskan pemasarannya itu. Internet mudah didapat di warnet, smartphone yang kini harganya terjangkau.

Pelajaran agama yang bisa memfilter si anak semakin langkah. Pengawasan orang tua terasa kurang karena banyaknya kedua orang tua bekerja demi memewahkan kehidupan si anak, tetapi orang tua lupa harus mengontrol perilaku si anak agar jangan sampai terjerumus ke perilaku menyimpang. Pengawasan masyarakat perlu karena jika ada perilaku menyimpang dari anak perlu ditegur oleh masyarakat yang mengetahui sehingga tidak ada pembiaran tindakan yang salah dan harus ditegur. Sekolah pun punya peran dalam mendidik siswanya . Ajari anak dengan benar dan kasih sayang serta pantau keberadaan siswa jangan dibiarkan apabila bolos segera laporkan kepada orang tua dan polisi jika ada unsur kriminalnya.

Jadi intinya tanamkan ajaran agama lebih kuat, awasi anak kita dan perbanyak kasih sayang pada mereka. Berilah contoh baik pada mereka karena biasanya anak akan mudah meniru orang tuanya. Jadi marilah kita jaga anak kita agar menjadi manusia berguna bagi keluarga dan lingkungan.

Kepada pemerintah diharapkan peran aktif mengawasi tontonan televisi agar lebih mendidik dan berguna jangan hanya acara pencarian bakat penyanyi dan acara para banci yang diperbanyak yang membuat masyarakat semakin bodoh. Karena tontonan TV sedikit banyak mempengaruhi penontonnya. Perbanyaklah tontonan yang edukatif yang dapat membangun kecerdasan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . FATAMORGANA - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger