8 Februari 2014

Tips Membuat Blog Berkualitas

Assalamu'alaikum

Rekan blogger terhormat dan pembaca blog sekalian. Kita tentu mendambakan memiliki blog berkualitas, atau setidaknya kita ingin membaca blog berkualitas baik. Karena dengan membaca blog yang baik dapat menjadi obat pelipur lara bagi yang sedih dan menambah pengetahuan bagi yang mencari pencerahan.
Adapun blog yang disusun dari berbagai faktor , antara lain:

1. Template yang baik
Walaupun tidak mutlak menentukan baiknya blog tersebut, template memberikan kontribusi yang lumayan akan baik dan menariknya suatu blog. Suatu blog dengan konten yang baik akan berkurang nilainya jika warna tampilan blog atau susunan item blog berantakan. Pilihlah template yang ramah dengan mata dan menarik untuk dilihat agar pembaca lebih betah membaca blog kita.

2. Posting dengan konten berkualitas.
Urusan konten ini merupakan nyawa sebuah blog , karena konten yang baik akan mempengaruhi pengunjung blog. Lihatlah isi atau konten yang berkualitas semacam blog Kang Rohman atau Bloguebo.com serasa tak lekang oleh waktu dan tetap di cari pembaca di bandingkan blog copy paste (copas) yang isinya tak berkualitas. Menurut bloguebo.com sebuah blog harus memiliki minimal 5 konten pilar agar blog kita tetap lestari.

3. Usahakan konten blog asli. Membuat blog itu mudah kalau hanya copas.
Kita tinggal comot sana sini selesai blog. Tetapi apa hasil yang kita dapat? Tidak ada. Karena blog copas tidak dapat kita pertanggung jawabkan isinya. Yang lebih para mbah google tidak menyukai blog copas. Pengalaman saya dengan posting blog mbah google cepat mengindeks blog asli dan bisa lebih cepat memperoleh Pagerank(PR). 

4. Isilah blog dengan konten bermanfaat bagi pembaca.
Umumnya pengunjung blog singgah karena tampilan blog kita yang baik lalu akan membaca dan berandai-andai mendapat manfaat dan pengetahuan. Contoh blog dengan berisi tips bisnis tentu akan lebih bermanfaat dari pada blog yang bertema horor. Atau blog tutorial membuat blog baik atau konten apa saja yang memberikan pencerahan bagi pembaca. 

5. Optimalkan blog kita di search engine atau social media.
Rasanya akan percuma saja blog kita jika tidak diketahui pembaca akibat tidak dipromosikan. Banyak sekali media mesin pencari seperti google, yahoo, bing. Submitlah blog kita di mesin pencari tersebut. Perkenalkan blog kita di sosial media seperti facebook, twitter karena sosial media merupakan salah satu pintu masuk pengunjung blog kita.

Demikian tulisan Tips Membuat Blog Berkualitas semoga bermanfaat. Jika ada saran rekan-rekan silahkan sampaikan di komentar blog ini.
Terima kasih.






0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . FATAMORGANA - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger